sepeda

Sepeda Lipat

Berbicara sepeda lipat tak hanya bicara sepeda yang ‘mudah dibawa- bawa’, tampil imut dan bagi sebagian adalah segabruk gear yang segala dipasang :-).. tapi juga adalah tentang lipatan, sistem, mekanis dan kelebihan dari lipatannya sendiri.
Disamping sistem clamp yang paling banyak digunakan, beberapa menggunakan sistem yang berbeda. Dengan sekian keunggulan dan atau kelemahannya.
Iipat, swing atau apapun namanya.

Changebike001

Semisal lepas pasang seperti fubi , swing vertical ala hummingbird, dan ada beberapa lagi sistem lain.

Ulasan kali ini adalah salah- satu sistim lipat yg patennya dimiliki changebike taiwan.

Changebike002

Dengan tetap dipakainya pakem desain triangular, sistem lipat atau tepatnya sistem swing ini mestinya lebih kuat dan ringan dibanding desain linear dan model monobeam.
Desain triangular artinya Toptube yang ‘normal’ dan adanya downtube.

Swing

Tak seperti sistem lain yang terkesan ‘ duh jelimet’, sistem swing ini menggoda iman untuk berandai- andai ‘ sepertinya layak dicoba untuk dibuat’ 🙂 .
Bisa jadi pilihan sebagai sepeda lipat pertama atau yang kesekian dengan desain yang beda( baca ‘ suka- suka’ 🙂 ).

Selain sistem lipatan, hal lain yang juga menarik adalah bahwa sepeda lipat, apalagi yang beroda 20 inch kebawah, sebaiknya praktis, tak ribet dan menyebalkan. Semisal rantai yang kotor dan mudah lepas. RD yang menggantung rendah nyaris menyapu jalan sementara poros rodanya kan lebih rendah dari kebanyakan sepeda bukan lipat. Belum lagi kekhawatiran rusaknya RD saat masuk bagasi pesawat.

Sistem rem bukan piringan( disc brakes) kurang menggigit( pakem), terlebih saat di turunan terjal, rawan berfungsi tak sempurna saat rim yang sedikit bergelombang.

Mengingat hal- hal diatas, maka pilihannya adalah:

  • Single crankset( 44t gates carbon drive crankset)
  • Single cassette( 22t gates carbon drive cassette)
  • Belt drive( pengganti rantai),
  • Internal gear hub( 8 speed).
  • Hydraulic disc brakes.

Kita mulai sistem lipatan/ swingnya.
Berbeda dengan sistem clamp yang umumnya titik poros lipatnya berada di kurang- lebih 1/3 belakang toptube( linear/ monobeam), titik poros sistem kita ini berada tepat di seattube.
Jadi posisinya tak pas membagi panjang sepeda ditengah- tengah. Lebih banyak kebelakang.

Kekurangannya adalah: lipatan depan lebih panjang dari belakang. Roda depan harus dilepas.

TheFrameDeui

Seattube berlaku sebagai poros sistem swing ini. Lebih tepatnya batang pipa yang dimasukan pas kedalam seattube. Batang pipa berdiameter luar sama dengan diameter dalam seattube.

porosbawah

Frame segitiga belakang tetap seperti biasa. Perbedaannya adalah adanya batang pipa yang dimasukan ke seattube sepanjang dari atas bottom bracket shell( selanjutnya ditulis bbs) sampai beberapa cm diatas toptube.
Tambahan batang pipa pendek berdiameter sama dengan seattube( kepanjangan dari seattube) dibawah bbs( dilas ke bbs) dengan batang pipa lagi didalamnya berdiameter sama dengan batang pipa poros sebagai dudukan downtube.

framedepan

Frame depan setelah dipotong( dari frame utuh), atau buat baru, dengan kedua ‘sisa’ seattube sebagai pegangan ke poros swing di seattube frame belakang( atas dan bawah).
Dibawah dengan tambahan quickrelease, diatas dengan ‘ coakan/ guntingan’.

kunciframeatas

Posisi seattube frame depan terhadap seattube frame belakang.
Posisi ini adalah saat frame di lipat/ swing, dimana frame depan ditarik kebawah 15cm( atau setinggi quickrelease tengah yang digunakan).
‘Coakan/ guntingan’ pada seattube bagian atas di frame depan dan coakan pasangannya yang di las pada pipa poros swing di frame belakang.
Kedua coakan/ guntingan ini berfungsi sebagai ‘pengunci’ agar kedua frame( depan dan belakang), saat digunakan tetap paralel.

Ada 3( tiga) quick release pada sistem swing ini.

Quick release pertama, paling atas berfungsi seperti pada umumnya sepeda. Sebagai ‘ penjepit’ seatpost pada seattube.
Quick release tengah, dengan ring berdiameter sama dengan seattube dibawahnya, adalah pengunci/ ganjal seattube frame depan pada seattube frame belakang.
Quick release ini dibuka saat frame di swing, karena seattube frame depan harus diturunkan( turun dari kuncian atasnya).
Sementara ring berdiameter sama dengan seattube dibawah quick release ini berfungsi sebagai ganjal lagi dibawahnya dan dilepas saat frame depan dilepas total dari frame belakang.

Guntingan sepanjang batang poros dan las-an tambahan di bagian dalam batang seatpost frame belakang berguna mengunci batang poros agar tak melintir.

FoldingSize

Folding size, ukuran terlipat. Ternyata lebih ringkas dibanding seli branded seukurannya.

ChangebikeGatesCarbonDrive002

Gates carbon drive( single crankset, belt drive dan cassettenya) dan , hydraulic disc brakes. Tampil bersih dan rapih.

ChangebikeDiscbrakeNexusIgGatesCarbonDrive

Disc brakes, 8 speed internal gear, 22t cassette, belt drive dan 42t crankset.

Single cranksetnya sudah pasti mengurangi penggunaan shifter.
Tertinggal hanya 1 shifter untuk sang internal gear hub. Single cassette, yang bersamaan dengan internal gear hub, mengurangi adanya rd yang rawan benturan, terhadap jalan maupun benda lain saat digunakan maupun dalam bagasi saat dibawa.
Tak ada lagi perpindahan rantai dan kotor- kotornya. Juga lebih sunyi.

Berikutnya adalah handlepost, stem, handlebar.

Changebike003

Handlepost, stem, handlebar yang digunakan adalah bawaan tern. Sementara set gates carbon drive( single crankset, beltdrive dan cassette) dari polygon path i8.

Komponen- komponen diatas, ex tern dan polygon, tersedia resmi di banyak outlet. Disamping memang juga berkualitas dan berpenampilan baik dan paling sesuai dengan sepeda lipat kita.
Spesifikasi:

  • Frame: Reynoldstechnology tripple butted, seamless 631 chromoly tubing. Custom, baru.
  • FORK: Tern Tarsus 6061 Alloy.
  • DRIVE TRAIN: Gates Carbonbelt Drive( Crankset, belt drive dan cassette) ( ex. Polygon Path i8).
  • Internal hub : Shimano Nexus 8 Speed( ex. Polygon Path i8).
  • Brakes: Hydraulic Disc Brakes( Shimano, ex Polygon Path i8).
  • Handlepost: Tern physis 3D T-Bar( ex. Tern Link D16)
  • Stem: Andros 2G( ex. Tern Link D16).
  • Handlebar: Flat bar, 6061-AL( ex. Tern Link D16).
  • Shift Lever:SHIMANO NEXUS SL-8S31( ex. Polygon Path i8).
  • Brakes Rear:SHIMANO BR-M395( ex. Polygon Path i8).
  • Brakes Front:SHIMANO BR-M395( ex. Polygon Path i8).
  • Brake Levers:SHIMANO BL-M425( ex. Polygon Path i8).
  • Seatpost: Biologic Postpump Seatpost.
  • Head Set: Flux w/ Physis integration, cartridge bearings, dual-seal technology( ex. Tern Link D16).
  • Handlebar: Flat bar, 6061-AL( ex. Tern Link D16).
  • Wheelset: Kinetix Pro X 20 Inch.
  • Saddle: Brooks B17 Imperial Brown.
  • Pedal: Wellgo QR.

ChangebikeCover002

Changebikecver

Dengan onewheel hardcase trailer.

Catatan: desain tools dan tools rack oleh Sergei L.( thank you).

 

Advertisements
Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s