design

IT’S MINE.

MiniVeloAllBlack

Akhirnya, setelah dua postingan berjudul Mini Velo, desain diataslah yang menjadi edisi pertama Mini Velo saya yang Inshaa Alloh masih agustus 2018 ini diluncurkan.
Tak lagi hanya gambar- gambar cantiknya saja yang beredar di layar kaca πŸ™‚

250 watt, 36 volt Electric Mini Velo. Pedelec sekaligus E-Bike. 8 speed Internalgear hub dan Carbonbelt drive. Ga Pake Rante! πŸ™‚

MiniVeloAllBlackDropbar2

Saya mulai dengan frame terlebih dahulu.

FRAME.
Tetap dengan tubing Reynoldstechnology . 631 chromoly, Asli buatan Birmingham Inggris. Satu dari tiga produsen tubing frame utama dunia. Dua lainnya adalah Columbus dan True Temper. Yang terakhir sayangnya tak melanjutkan lagi produksinya.
Didatangkan dalam paket perset frame sepeda. Yang terdiri dari batangan- batangan pipa ( tubing) sesuai dengan peruntukannya.
1 headtube, 1 top tube, 1 downtube, 1 seattube, 2 seatstay dan 2 chainstay, total 8 batang. Dengan masing- masing panjang dan diameter yang tentunya berbeda.

Seluruhnya seamless dan tripple butted.

MiniVeloAllBlackDropbar3

Sekali lagi, Mini Velo bisa menjadi sebutan untuk semua sepeda berukuran mini, kecil. Tapi lebih populer atau lebih biasa lagi untuk sebutan jenis frame sepeda normal dengan wheelset kecil. Biasanya antara 20 inch sampai 22 inch.
Panjang seatpost, toptube dan downtubenya normal. Tetapi karena wheelsetnya lebih kecil, maka konsekwensinya adalah headtube menjadi lebih panjang.
Chainstaypun yang pada sepeda biasa miring kedepan menjadi sebaliknya.
Posisi dropoutnya menjadi lebih rendah daripada posisi bottombracket.

Ukuran bannya saja yang ‘mini’, komponen- komponennya berukuran standar.

Jadi tak sulit mencari komponen- komponennya dipasaran.

Perbedaan lain lagi dari frame biasanya adalah adanya water bottle screws di seattube belakang bawah dan luggage trust screws di headtube depan. Water bottle screws di seattube belakang berfungsi sebagai dudukan tube battery bracket dan luggage trust screws di headtube depan untuk pemasangan standar Tern Luggage Trust.

MiniVeloAllBlackDropbar4

FORK.

Saya ambil dari fork bawaan Tern Link B7. Berbahan steel biasa. Bukan chromoly.

Forknya harus diperlebar karena standarnya tak cukup untuk lebar Fronthub Motor yang dipasang.
Juga steering tubenya harus diperpanjang, mengingat headtube yang memang lebih panjang dibandingkan headtube bawaan frame Tern Link B7.
Di edisi kedua nanti, saya akan gunakan Tern Tarsus Fork. Berbahan 6061 aluminum. Lebih ringan pastinya. Dan merupakan upgrade yang signifikan dari sisi bobot dan desain.

MiniVeloAllBlackDropbar8

WHEELSET.
Sementara wheelset atau roda 24 inci adalah sebutan yang umum untuk junior, 22 inci kebawah adalah masuk kategori ‘ sepeda mini. Mini Velo.

Rim doublewall berbahan alloy.
Ban Schwalbe Kojak. Jenis slik dan tak terlalu lebar. Cantik dan teruji.
Tak tanggung- tanggung, trek Bandung – Bogor – Curuk Ciputri, via puncak adalah medan uji- cobanya. Termasuk trek neraka Menjelang Curug Ciputri. Menanjak, makadam dengan batuan yang Nauzubillah πŸ™‚
Spoke, jari- jari, stainless berwarna hitam.

MiniVeloAllBlackDropbar6

DRIVETRAIN.
Jatuh hati dengan konsep ‘ga ribet’, ‘bersih’, ‘halus’ dan ‘ hening’nya, Gates Carbonbelt Drive System dan 8Speed Shimano Nexus Internalgear Hub adalah pilihan saya untuk sistim drivetrainnya.

Beltdrive seperti yang kita kenal pada timing belt di kendaraan roda empat.

Sementara Internalgear Hub tampil rapih dan cantik, tanpa gigi- gigi yang terlihat berjejer diluar. Juga tanpa RD yang pada roda kecil akan lebih menggantung nyaris menyapu jalan.

Carbonbelt terdiri dari Crankset, belt dan sprocket.

Bersih dari ribet- ribetnya jejeran sproket depan dan belakang. Terbebas dari ‘klik- klik’, lepas- pasang rantai dan kotor- kotornya.
Suaranyapun hening.

Juga terkesan hightech.

Minusnya adalah, tak seperti frame sepeda pada umumnya, seatstay kanan harus punya bukaan.
Dikarenakan beltnya tanpa sambungan. Berbeda dengan sistim rantai, belt ini menjadi satu, tak bisa dibuka.

Jadi frame Mini Velo ini didesain dengan bukaan di seatstay kanannya.

Potongan frame sepanjang ca. 5cm yang dibaut dikedua ujungnya. Berfungsi sebagai ‘celah’ agar belt( pengganti rantai) bisa masuk ke dan dilepas keluar frame.

Termasuk Drivetrain tentunya gigi- gigi belakang. Sprocket atau cassette.
Sesuai dengan konsep diatas, tak cukup hanya dengan Gates Carbonbelt drive, gigi- gigi belakangpun harus sesuai.
Internalgear hub pastinya.

8 speed Shimano Nexus Internalgear Hub sudah lebih dari cukup untuk sang Mini Velo ini.

MiniVeloAllBlackDropbar7

E- BIKE KIT.

250 watt/ 36 volt Fronthub Motor menjadi pilihan yang cukup kompromis.

Brand Bafang ex China.
jauh lebih murah dibandingkan sejenisnya keluaran Amrik, Eropa atau Jepang.

Tapi daya tahan dan kemampuannya tak perlu diragukan.

Saya sendiri yang lakukan testridenya. Bandung – Lampung. Bandung – Tasikmalaya – Pangandaran. Bandung – Cirebon – Semarang – Solo. Dan terakhir Bandung – Puncak – Bogor – Curug Ciputri. Medannya pun beragam. Mulai dari aspal halus sampai bebatuan, turunan dan tanjakan.

Watt paling kecil berarti daya tahan battery lebih lama. Walau tentunya powernya lebih kecil. Harga sedikit lebih murah dibandingkan Rearhub motor. Dibandingkan dengan Midrive Motor malah dua kali lipatnya.

Dengan digunakannya Internalgear hub, Rearhub Motor memang tak dimungkinkan.

Komponen- komponen E- Bike Kit ini terdiri dari Fronthub Motor, Tube Battery, Display, Throttle, Sensor dan Controller.
Seperti sudah diulas, posisi tube battery ditempatkan di belakang seattube. Fronthub Motor pastinya di wheelset depan.
Display dan Throttle di handlebar.

Sensor di bottombracket dan Controller didalam saddlebag kecil.

Dengan sensornya mini Velo ini adalah pedelec. Artinya motor aktif jika ada kayuhan.
Dan jika diinginkan, Throttle yang dipasang dihandlebar memungkinkan motor aktif seketika tanpa kayuhan. Tak ubahnya E- Bike.

Atau, seperti yang selalu saya lakukan, saat dimodus pedelec, jika diperlukan bantuan tenaga motor lebih, semisal butuh akselerasi lebih atau di tanjakan, tak mesti ragu, putar atau tekan throttlenya, sedalam/ sejauh yang dibutuhkan.

Seru? Pastinya😊

Tube batterynya berkapasitas 10 Ah.

Pengisian kisaran 4 jam sudah cukup untuk gowes dikota seharian. Dari pagi sampai sore.

Seperti yang saya lakukan setiap harinya. Kan saya Everyday Cyclist 😊

DROPBAR.

Pilihan dropbarnya adalah Ritchey. Juga Handlepost dan stemnya.

SEATPOST.

Tak repot2 lagi membawa pompa sepeda. Apalagi yang kecil, karena Biologic Postpump Seatpost adalah seatpost sekaligus Pompa bertenaga besar. Dibutuhkan hanya 40 x tekanan untuk sampai pada tekanan 50 psi( ban 20 – 1.50).

Tampilannyapun cantik dan apik.

Biologic Postpump Seatpost.

BioLogic-PostPump2.0-use-nobg-reddot-1024h.jpg

SADDLE.

Brooksengland selalu menjadi pilihan saya untuk saddle.
Dan pilihan jenisnya adalah B17 Narrow Black.
Untuk kekuatan dan kenyamanannya saya percayakan saja pada brand yang sudah 152 tahun memproduksi saddle. Dibuat handmade di inggris.

Untuk facelift atau tampilan sepeda agar lebih apik dan cantik, brooks saddle selalu menjadi urutan pertama. Atau dengan kalimat lain, jika hanya akan 1 upgrade saja, maka Brook saddle adalah pilihan smart dibandingkan banyak upgrade mahal- mahal sekaligus, yang ujung- ujungnya malah tampil ramai tak karuan πŸ™‚

b17_narrow_black_view_brooks_england_1

BRAKES.

Shimano mechanical Discbrakes.

PAINTING.

IF IT’S NOT BLACK PUT IT BACK! πŸ™‚

Jadi, sudah pasti hitam sehitam- hitamnya. Dan Glossy πŸ™‚

Minat? jangan ragu, sila komen disini.

Saya bantu pilihkan jenis sepeda yang sesuai dari yang sudah ada di pasaran, atau custom seperti si hitam ini :-).

Desain,jenis/ genre, tubing material, ukuran, warna/ kombinasi warna. Your choice.

Di desain dan dibuat di dan oleh Urang Bandung.

MiniVeloAllBlackDropbar1

MiniVeloAllBlackDropbar5

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s